Bangau si Burung Dari Afrika

Fotografer         : Elisa (Fb : Irukawa Elisa =  Twitter : @ElisaPemimpi)
Lokasi                : Gunung Suru, Berbah
Objek                : Bubulcus Ibis

Jenis Kamera    : Kodak C195

Foto : Elisa #gunung Suru, Berbah
Bubulcus Ibis itulah nama lain dari burung kuntul. Burung blekok itulah bahasa jawanya. Bangau adalah bahasa Indonesianya. Bubulcus sebenarnya banyak spesies, salah satu jenis itu adalah kuntul kerbau. Burung ini bertempat berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain. akan banyak ditemui di persawahan masa tanam padi, mereka suka ke lokasi ini. bulu putih dan memiliki leher kekuning-kuningan di leher, inilah ciri burung kuntul kerbau.
Perkembangan burung ini semakin langka, kelangkaan burung berjenis Bubulcus Ibis bukan karena penembakan atau penjualan ilegal manusia, melainkan banyak titik tempat kesukaan mereka yang dirampas oleh manusia, manusia menanami persawahan dan perhutanan dengan gedung-gedung rumah, inilah penyebab kepunahan burung yang saat ini dilindungi pemerintah ini.
Kuntul salah satu burung terhebat sepanjang masa, ia berasal dari Afrika. Abad ke 20 barulah ia masuk ke Asia, salah satunya Indonesia. Mereka terbang hanya mengandalkan sayap dan embusan angin pasat yang membawanya. Kehebatan burung putih dari Afrika Barat menuju Amerika Selatan dalam waktu 40 jam. Burung-burung ini bahkan mampu terbang melintasi Samudra Atlantik. Burung ini terbang sesuai nalurinya, ia kemudian terbang ke Timur menuju Selandia Baru. Belakangan burung ini sudah banyak ditemui di kawasan Eropa-Asia.

Bubulcus Ibis salah satu burung tersukses yang mampu melakukan ekspansi hingga ke beberapa negara, bahkan mereka kini membentang dari Semenanjung Iberia Barat sampai ke Jepang Timur.

Comments